semangat….

buat semua yang kau cintai………….

fdisk Partisi Linux

Nah kalo sekarang install Linux segampang Windows

Next, next finish..

tapi bagaimana jika suatu hari dihadapkan kepada masalah partisi secara manual.

Hmm, kira2 inilah yang saya hadapi 2 hari ini..

Alhamdulillah masih banyak orang yang mau berbagi ilmu, dan tentu saja ini ingin juga saya bagi.

fdisk

deff — partititon table manipulator for Linux

ada perintah dasar yang perlu diketahui a.l :

p print the partition table

n create a new partition

d delete a partition

q quit without saving changes

w write the new partition table and exit

ok saya mulai mencoba.

Saat ini saya punya 2 hardisk yang ingin saya partisi mirip dengan hardisk pertama.

langkah satu saya periksa model partisi hardisk 1

fdisk -l

Disk /dev/sda: 255 heads, 63 sectors,19457 cylinders
Units = cylinders of 16065 * 512 bytes

   Device Boot    Start       End    Blocks     Id  System
/dev/sda1   *         1       18966  152344363+ 83  Linux
/dev/sda2         18967       19457    3943957+ 82  Linux swap

saya mulai mencatat nilai sda1 dan sda2 yakni cylinder start dan end nya

lalu

fdisk /dev/sdb

Command (m for help): n
Command action
   e   extended
   p   primary partition (1-4)
p
Partition number (1-4): 1
First cylinder (1-19457, default 1):


nah disini saya beri nilai 1 untuk partisi satu atau sdb1

tentu saja nilai start dan end nya saya sesuaikan dengan sda1

langkah ini juga saya lakukan untuk sdb2 sesuai sda2

saya ingin membuat sdb1 bootable

Command (m for help): a
Partition number (1-4): 1

lalu sdb2 ingin dibuat sebagai swap sama seperti sda2

Command (m for help): t
Partition number (1-4): 2
Hex code (type L to list codes): 82
Changed system type of partition 2 to 82 (Linux swap)
Command (m for help): p

selanjutnya saya ingin melihat yang telah saya lakukan apakah sudah benar dengan perintah

Command (m for help): p


   Device Boot    Start       End    Blocks     Id  System
/dev/sda1   *         1       18966  152344363+ 83  Linux
/dev/sda2         18967       19457    3943957+ 82  Linux swap

dan ternyata pas

lalu tinggal memberikan perintah terakhir yakni w

March 12, 2008 - Posted by | OS

2 Comments »

  1. buat ja w/3224895

    Comment by Rh@nDy @rYa PrAdItYa | March 18, 2008 | Reply

  2. buat ja w/4473395

    Comment by Rh@nDy @rYa PrAdItYa | March 18, 2008 | Reply


Leave a Reply

